Kamis, 21 April 2011

Sulawesi Lined Gliding Lizard

Draco spilonotus, atau 'Sulawesi Berjajar Meluncur Kadal' dianggap oleh beberapa peneliti untuk menjadi spesies yang sepenuhnya terpisah dari D. lineatus, yang Berjajar Meluncur Kadal. Penelitian terbaru oleh McGuire dan Kiew (1999) mendukung pernyataan ini.

Lizard ini hanya terbatas pada pulau Sulawesi Indonesia, yang khususnya umum di Taman Nasional Tangkoko Sulawesi Utara, di mana foto tersebut diambil.

Kunjungan ke Taman Nasional Tangkoko, pada Juli 2006 ketika kondisi yang panas dan kering, bertepatan dengan periode kegiatan kawin. Banyak laki-laki diamati menampilkan untuk betina, dengan bendera gular mereka dan patagiums penuh diperpanjang. Sebuah perkawinan singkat , yang didahului oleh laki-laki betina melingkari penuh semangat. Ada kemungkinan bahwa warna pink pucat punggung dari laki-laki merupakan pembiakan warna: betina semua tampak berbintik-bintik coklat.

The patagium dari laki-laki adalah warna kuning, dengan jaringan garis coklat memancar dari anterior. Bendera gular berwarna kuning, dan dibulatkan dalam bentuk.

Spesies terjadi di berbagai tempat di wilayah hutan Sulawesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar